Logo NewFemme
Alami sih… Tapi Bahaya!

Alami sih… Tapi Bahaya!

Kecantikan 113

Masih banyak kita temuin orang-orang yang pakai masker, pakai oles-olesan di wajah dari bahan “alami.” Ya, gak? Eh tapi, tunggu dulu! Walau kesannya bahan “alami” bukan berarti itu aman dipakai di kulit wajah loh! “Kok bisa, sih? Itu kan alami, gak pake bahan kimia?” Iya, guys. Tapi bukan berarti semua cocok dijadikan bahan perawatan. Contohnya apa aja sih?

  1. Lemon

Katanya buat kempesin jerawat dan vitamin C nya buat meredakan kemerah-merahan di wajah. Padahal pH asam lemon tuh tinggi banget, lho! Bisa menyebabkan iritasi, kering, hiperpigmentasi, sensitif pada matahari dan parahnya lagi bisa menyebabkan kerusakan permanen. Serem, ya?

  1. Baking Soda

Aduh, aduh… biar ngembang kah wajahnya? Katanya sih kalau oles campuran baking soda dengan sedikit air di area yang banyak komedo, bisa mengangkat komedo sampe bersih. Tapi tau gak? Kalau memakai baking soda pada kulit wajah itu menyebabkan minyak alami yang diproduksi wajah bisa menghilang karena pH baking soda itu sampai di angka 9! Akibatnya kalau wajah kehilangan dan bahkan sampai tidak dapat memproses minyak alami lagi, kulit wajah akan kering dan iritasi, juga menyebabkan tidak terlindungnya kulit wajah dari bakteri.

  1. Putih Telur

Lagi-lagi jampi alami yang katanya ampuh untuk menghilangkan mencerahkan, membuat kulit wajah lebih kenyal dan mengangkat komedo. Putih telur mentah yang dioleskan itu akan menyumbat pori-pori karena ternyata protein itu tidak bisa diserap kulit. Kemudian ada bakteri Salmonella yang terkandung pada putih telur mentah yang memungkinkan untuk menjadi sebab sensitifnya kulit.